CORBA (Common Object Request Broker Architecture) adalah suatu standard yang dikembangkan oleh OMG, sebuah konsorsium yang beranggotakan lebih dari 800 perusahaan. Tujuan pengembangan CORBA adalah untuk mempermudah pemrograman objek-objek  terdistibusi. CORBA bukanlah bahasa pemrograman, melainkan spesifikasi untuk membuat dan menggunakan objek-objek terdistibusi.
            Bagian inti dari CORBA adalah ORB (Object Request Broker), IDL (Interface Definition Language), dan IIOP (Internet Inter ORB Protocol) yang bersama-sama membentuk suatu software bus yang  memfasilitasi interoperability dan integrasi atas platform software dan hardware yang berbeda.
            ORB merupakan kompone software yang berguna sebagai fasilitas komunikasi antar objek-objek CORBA. ORB sebagai bagian sentral dari CORBA menstandardkan penentuan lokasi objek, penamaan objek, servis, dan lain-lain.
            IDL digunakan untuk menspesifikasi interface antara objek-objek CORBA. IDL akan menjamin CORBA independen terhadap bahasa pemrograman yang digunakan karena interface didefinisikan secara standar dan dipetakan ke bahasa pemrograman yang digunakan.
            IIOP merupakan protocol yang digunakan untuk komunikasi antar objek yang berbeda dalam arsitektur CORBA.
            CORBA memungkinkan kita menggunakan aplikasi tanpa adanya batasan platform, teknologi jaringan, bahasa pemrograman, maupun letak objek pemberi service yang dituju.
            CORBA sebagai system yang terdistribusi, memiliki potesnsi yang besar untuk ditembus dari berbagai sisi.  Karena itu diperlukan suatu sistem pengamanan yang memadai pada CORBA. Komunikasi antar objek dalam CORBA memerlukan suatu pemanggilan objek secara aman untuk memastikan objek diprotek dengan aturan sekuriti.

Leave a Reply